Serem, Hutan Raje Mandare PenuhKeanehan


Selain ditemukan danau denganpermukaan air berwarna merah, dihutan Raje Mandare di perbatasanBengkulu-Sumatera Selatan inidiketahui banyak keanehan.Menurut Kasmidi, danau merah itusendiri juga aneh, setidaknyamenurut pengetahuannya. Sebab,meskipun airnya terlihat berwarnamerah, tetapi kalau diciduk pakaitangan atau gayung, airnya terlihatbiasa saja. Bening dan jernih.Keanehan lain, kata Kasmidi, adasatu lokasi tak jauh dari danau yangmenimbulkan aroma pandan bilamalam hari. Hal itu tidak ditemukanpada lokasi lain.

Masih cerita Kasmidi, di hutan RajeMandare juga ada sejumlah satwaraksasa. Misalnya, kelabang denganlebar 30 cm dan panjangnya 50 cm,burung raksasa, dan kerbau yangtelinganya ada sarang lebahnya.

Yang mengherankan, pohon-pohonhutan yang tegak berdiri di atasnyapun seperti mempunyai tatanantersendiri. Kalau tanah tempatpohon itu tumbuh masih masukwilayah Tanah Basemah Pagar Alam,maka semua pohonnya miring kearah Pagar Alam. Namun, kalautempat tumbuhnya di Bengkulu,maka pohon-pohonnya miring kearah Bengkulu pula, atauberlawanan dengan arah PagarAlam.

Masih di daerah itu, semua jenisburung dan hewan hutannya cukupjinak, tidak takut terhadap manusia.Meski begitu, agar burung danhewan tidak lari, pengunjung tidakboleh mengeluarkan suara atauberbicara.

"Ada hal lain yang kami temukan,seperti kelabang ukuran lebar 30 cmdan panjang 50 cm, burung raksasa,dan kerbau yang telinganya adasarang lebah atau tawon. Namun,kami tidak tahu apa saja yangtersimpan di daerah bukit RajeMandare itu," ungkapnya.Kepala Dinas Pariwisata danSenibudaya setempat, Syafrudin,mengatakan, daerah Rimbacandimemang masih banyak menyimpanmisteri yang hingga kini belum dapatterungkap, termasuk keberadaanbukit Raje Mandare yang banyakmemiliki peninggalan sejarah.Sayangnya, pihak pemerintahsetempat masih terkendala danauntuk melakukan penelitian didaerah itu. Selain itu, juga adaketerbatasan tenaga ahli. Untuk itu,diperlukan studi lebih lanjut untukmengungkap misteri Hutan RajeMandare.

Sumber:http://regional.kompas.com/read/2010/12/04/13300768/Serem..Hutan.Raje.Mandare.Penuh.Keanehan-4


Share |

YANG KECANTOL

kembali ke : beranda

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR

LIST COMMUNITY